Hosting Unlimited Indonesia

Resep Klappertart Homemade



Klappertart di Indonesia dikenal sebagai kue khas Manado peninggalan Belanda dengan bahan dasar kelapa, tepung terigu, susu, mentega dan telur. Custard Gurih dan tekstur yang lembut ini menjadi idaman warga Manado dan si penjuru Indonesia.
yuk cek resepnya...happy cooking...

Bahan - bahan 1:
50 gr margarin (lelehkan)
125 gr gula pasir
450 ml santan (dari 1/4 butir kelapa yg diperas dengan air kelapa)
1/2 kg daging kelapa muda yang lembut (gunting kecil-kecil)

Bahan - bahan 2 :
2 butir telur (kuningnya saja)
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena
225 ml susu cair full cream
1 sendok teh vanilla bubuk
1/2 sendok teh garam

Bahan untuk topping:
2 butir putih telur
4 sdt gula pasir
secukupnya kayu manis bubuk

Langkah-langkahnya :

Masak bahan 1:
Campurkan margarin yang telah dilelehkan dengan gula pasir dan santan ke dalam panci. Masak hingga gula larut dan mendidih kemudia masukkan daging kelapa yang sudah digunting kecil-kecil aduk terus dengan api kecil.

Siapkan bahan 2:
Campur semua bahan 2 dalam wadah, aduk menggunakan pengocok telur hingga rata. Masukkan ke dalam bahan 1 yang masih di masak dengan api kecil. Aduk hingga semua padat mengental. Dalam melakukan proses ini jangan disambi mengerjakan hal lain, karena adonan bisa menggumpal dalam waktu singkat. Setelah adonan mulai berat diaduk dan mengental, matikan api, lalu tuang ke dalam foil, sisakan sekitar 5cm dari bibir foil. Banting pelan pelan  sisi-sisinya untuk membuat adonan rapi. Sisihkan.

Menyiapkan  untuk topping:
Kocok 2 telur putihnya saja menggunakan mixer dengan kecepatan low sampai telur berbusa kemudian masukkan gula pasir kocok dengan kecepatan high sampai kaku melekat. Pindah kocokan telurcdengan gula ke dalam plastik bening yg bersih dan digunting ujungnya lalu semprotkan ke atas adonan klappertart. Pastikan menyemprot sampai ujung dan tertutup semua permukaan klappertart. usahakan tidak ada celah agar tidak berjarak setelah dipanggang.

Beri garnish dan panggang dengan cara bain marie selama 20 menit dengan temperatur 190 derajat. Setelah selesai dipanggang lalu dinginkan sampai suhu ruang setalah itu baru masukkan ke dalam kulkas. 

Sajikan...Klappertart...

Share this:

Posting Komentar

 
Copyright © RESEP KEKINIAN. Designed by OddThemes | Distributed By Gooyaabi Templates